HAMBATAN-HAMBATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
HAMBATAN DALAM PENGINTEGRASIAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
Kendala terkecil penghambat guru memanfaatkan TIK adalah terkait pengelolaan data. Selain kekurangan tersebut, masih ada jenis kekurangan lainnya yang dikemukakan oleh beberapa peneliti sebelumnya, seperti kurangnya waktu, kurangnya pelatihan TIK, kurangnya kesempatan mengembang diri dan lain sebagainya
Hambatan-hambatan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran, dapat disimpulkan dengan dua kelompok, yaitu :
1. Secara Fisik
Secara fisik dapat berupa sarana dan prasarana yang belum memadai terutama untuk sekolah-sekolah yang berlokasi dipelosok. kalaupun sudah ada sarana dan prasarana, tetapi masih sangat minim baik dari segi jumlah maupun segi mutu peralatan tersebut.Masih digunakannya perangkat multimedia bekas di lembaga-lembaga pendidikan yang terdapat di daerah pedesaan.Perangkat multimedia bekas ini tentunya masih menggunakan spesifikasiyang sudah tertinggal jamannya. Sehingga penggunaannya tidak mampu bersaing dengan laju perkembangan TIK yang begitu pesat.
a. Kepercayaan diri guru kurang dalam menggunakan TIK dalam melaksanakan proses PBM. Guru takut gagal mengajar melalui penggunaan TIK yang saat ini sangat disarankan. Walaupun penggunaannya ICT dalam proses pembelajarn sangat disarankan oleh para ahli.
integrasi dengan belajar yang menggunakan computer dalam kelas mereka.
dimaksudkan dengan sikap guru bahwa penggunaan TIK dalam PBM tidak memiliki mamfaat atau keuntungan yang jelas.
Dalam Era Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) atau Information, Comunications, and Technology (ICT), pada saat ini ICT di kelas sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi keberhasilan belajar siswa pada era tahun informasi saat ini. Dengan menggunakan ICT maka
hambatan dalam pembelajaran dapat
teratasi. Temuan menunjukkan bahwa guru memiliki keinginan yang kuat untuk mengintegrasikan TIK ke dalam pendidikan, tapi itu, mereka menemui banyak hambatan.
hambatan dalam pembelajaran dapat
teratasi. Temuan menunjukkan bahwa guru memiliki keinginan yang kuat untuk mengintegrasikan TIK ke dalam pendidikan, tapi itu, mereka menemui banyak hambatan.
1. Kurangnya confidence,/ kepercayaan.
2. Kurangnya kompetensi.
3. Kurangnya akses ke sumber
Hambatan dalam Perkembangan Teknologi
Pendidikan di Indonesia
Perkembangan teknologi di zaman
milineal seperti sekarang memang memiliki
banyak sekali manfaat, khususnya pada
bidang pendidikan.Oleh sebab itu, banyak
sekali orang yang ingin menguasai dan
memanfaatkan perkembangan teknologi.
Namun, tidak bisa dipungkiri pemanfaatan TIK
di dalam sektor pendidikan memiliki beberapa
kendala,menurut Amin Akbar dan Nia Noviani (2019), di antaranya:
a. Kurangnya pengadaan infrastruktur TIK.
Hal ini disebabkan sulit dijangkaunya
beberapa daerah tertentu di Indonesia,
sehingga penyebarannya tidak merata.
Masih banyak daerah yang sulit dijangkau
oleh alat transportasi. Untuk mencapai daerah yang dituju, hanya dapat ditempuh
dapat dengan jalan kaki. Sedangkan
dengan berjalan kaki, tidak memungkinkan
untuk membawa berbagai peralatan
multimedia.
b. Masih digunakannya perangkat multimedia
bekas di lembaga-lembaga pendidikan
yang terdapat di daerah pedesaan.
Perangkat multimedia bekas ini tentunya
masih menggunakan spesifikasi yang
sudah tertinggal zamannya, sehingga
penggunaannya tidak mampu bersaing
dengan laju perkembangan TIK yang begitu
pesat.
c. Kurangnya infrastruktur telekomunikasi dan
perangkat hukum yang mengaturnya.
Sebab, Cyber Law belum diterapkan di
dunia hukum Indonesia.
d. Mahalnya biaya pengadaan dan
penggunaan fasilitas TIK. Hal ini
dikembalikan lagi kepada pemerintah.
Dapat kita lihat pemerintah masih sedikit
mengalokasikan dana untuk pengadaan
fasilitas TIK yang dapat menunjang
pendidikan Indonesia. Sebagai contoh,
pengadaan fasilitas di daerah pedesaan
masih sangat minim. Sementara di kota
sudah hampir merata, terutama di
lembaga-lembaga pendidikan unggulan.
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/3026/2841
Amin Akbar dan Nia Noviani (2019). TANGAN DAN SOLUSI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id
Komentar
Posting Komentar